IKLAN

www.jaringanpenulis.com

SINOPSIS FTV REGULER “TAHU BULAT BUMBU CINTA”



SINOPSIS FTV REGULER
“TAHU BULAT BUMBU CINTA”

Ide cerita & Skenario
 Ariny NH
Endik Koeswoyo

     Terlahir dengan nama September Ceria membuat gadis berwajah oriental itu terbebani. Baginya nama itu sungguh aneh, terlebih sama seperti judul lagu jadul milik Vina Panduwinata. Dia lebih suka dipanggil Sephia. Agar sama seperti judul lagu band favoritnya, Sheila on 7.
     Dilihat dari namanya saja sudah bisa dipastikan lahir bulan September. Sejak SMP dia memiliki dua keinginan besar yakni ingin punya cowok lahir di bulan September juga dan jadian di bulan yang sama dengan tanggal lahirnya. Biar bisa ulang tahun dan hari aniversari  dibarengkan.
     Di tengah terik panas matahari Sephia mampir beli es campur. Tiba-tiba ada cowok yang beli es campur juga. Penjual es mengatakan bahwa es campur tersisa 1 mangkuk saja. Terjadilah Sephia dan cowok itu rebutan es campur. Si cowok cerdik berhasil mengelabui Sephia, hingga berhasil dibawa pulang lalu pergi sambil menjulurkan lidah ke Sephia. Sephia kesal bukan main dan melontarkan sumpah serapah akan memusuhi cowok itu sampai tujuh turunan. 
     Pulang dari beli es campur, Septian (17) rebahan di kasur tipis. Pikirannya menerawang ke masa lalu, saat dirinya masih kaya. Anak Brata Wijaya (56) – pengusaha tahu. Kehidupan yang kaya itu lenyap gara-gara ditupu Silvana (15). Jadi Silvana pacaran dengan Septian tujuannya agar melancarkan usaha Papanya mengambil alih aset perusahaan Brata. Usaha Silvana berhasil Brata meninggal karena darah tinggi. Gara-gara jatuh miskin ia dikeluarkan dari sekolah karena tak bisa bayar uang sekolah.
     Lamunan Septian buyar ketika Ani (45) – ibunya masuk ke kamar Septian. Ani meminta Septian segera berjualan tahu bulat. Gaya Septian berjualan memang berbeda dari abang-abang tukang tahu bulat lainnya. Dia selalu jualan mengenakan masker, topi dan kacamata. Tujuannya agar tak ada yang bisa mengenali dirinya. Trik Septian berjualan di gerobaknya ditulisi ‘Tahu Bulat Bumbu Cinta’ biar penasaran seperti apa rasa bumbu cinta? Apakah sama seperti tahu bulat yang lain?
     Sebelum jualan Ani memberitahu Septian bahwa besok sudah bisa sekolah lagi di SMUN 7. Septian bingung darimana Ani dapat uang untuk daftar sekolah? Ani mengatakan jual emas. Septian terharu dan langsung menangis di pelukan Ani. Ia juga berjanji lebih giat lagi jualan tahu.
     Baru saja Sephia sampai di sekolah, Adeena (16)— sahabat Sephia, heboh menceritakan di kelas kedatangan murid baru bernama Septian. Menurut pengakuan Adeena, wajah anak baru itu super tampan. Badannya tegap, sixpack dan tinggi. Kulitnya kecokelatan. Diibaratkan seorang artis dia mirip Aditya Zoni. Sephia jadi penasaran seganteng apa sih wajah anak baru itu? Betapa terkejutnya Sephia ketika mengetahui Septian ternyata cowok menyebalkan di toko buku. Sialnya lagi cowok itu duduk di sebelahnya.
     Jam istirahat Adeena curhat ke Sephia bahwa ia naksir berat sama Septian. Ia juga minta Sephia untuk mencomblangkan dirinya dengan Septian. Sephia nggak tega, akhirnya mau memenuhi permintaan Adeena.
     Langkah pertama Sephia mencomblangkan Adeena dengan Septian adalah mengajak Septian ngobrol. Kebetulan Septian lagi sendirian di tepi lapangan basket. Ia mulai mengeluarkan jurus kepo, untuk mengorek info alamat rumah, nomor telepon sampai tipe idaman Septian. Namun semua pertanyaan Sephia dijawan super singkat dan nada ketus oleh Septian. Sephia semakin kesal terhadap cowok itu.
     Langkah pertama gagal, Sephia masih punya langkah kedua. Pulang sekolah ia menyelinap masuk ke ruang kepala sekolah demi mendapatkan biodata Septian. Biodata itu ada di map biru dalam laci meja. Begitu menemukannya, Sephia memfoto biodata Septian lalu buru-buru keluar dan mengajak Adeena ke alamat Septian.
     Sephia heran, alamat yang tertulis di biodata Septian ternyata perkampungan kumuh. Untuk meyakinkan benar atau tidaknya alamat Septian, Sephia coba nanya ke tukang warung, tukang koran, sampai tukang ojek tapi nggak ada satu pun yang kenal dengan Septian.
     Sephia dan Adeena lelah mencari keberadaan Septian, mereka coba istirahat di bawah pohon. Tiba-tiba muncul tukang tahu bulat. Adeena yang beli tahu bulat. Sembari menggoreng tahu, Sephia memerhatikan tukang tahu bulat dari ujung kaki ke ujung ujung kepala. Postur tubuhnya mengingatkan Sephia pada postur tubuh Septian. Benaknya bertanya-tanya, apakah tukang tahu bulat di depannya ini adalah Septian?
     Suatu ketika Sephia melihat keakraban Septian dan Taufan (17) – cowok yang dari kelas X mengejar cinta Sephia. Tebersit ide cemerlang di otak Sephia dalam hal melancarkan misi percomblangan Adeena dengan Septian. Sephia minta Taufan mencari info sebanyak mungkin tentang Septian, imbalannya Sephia bersedia jadi pacar Taufan.
     Taufan berhasil memenuhi permintaan Sephia. Mau nggak mau Sephia harus memenuhi janjinya ke Taufan. Sayang, jalinan asmara Taufan Sephia hanya bertahan 7 hari. Taufan mengetahui modus Sephia yang hanya memanfaatkannya saja.   
    Taufan mengetahui bahwa dirinya dimanfaatkan oleh Sephia. Tentu saja dia tak terima. Dia membayar orang untuk mengerjai Sephia. Di sana muncul Septian jadi pahlawan. Dan benih-benih cinta mulai tumbuh di hati Septian dan Sephia.
     Saat jualan tahu Septian nggak sengaja bertemu     Andra (17), sahabat Septian di sekolah lama. Andra mengajak Septian ke sebuah taman terdekat, agar enak bicara. Di taman itu Septian menceritakan hidupnya yang sekarang sebagai penjual tahu bulat. Andra iba mendengar cerita Septian. Ia memberikan tawaran besar, jadi saudara angkatnya. Dengan begitu Septian jadi orang kaya lagi. Tergoda tawaran Andra, Septian rela meninggalkan ibu kandungnya demi jadi kaya lagi.
     Setelah jadi orang kaya Septian menunjukkan sifat aslinya gaul dan tak tertutup lagi. Dia juga mulai menyatakan cinta ke Sephia. Persahabatan Sephia dengan Adeena retak ketika Adeena mengetahui Sephia menerima cinta Septian.
Semakin lama Septian semakin terlena dengan harta. Sampai-sampai ketika ibunya datang ke sekolah untuk jualan tahu bulat, dia tidak mengakui di depan teman-temannya. Lebih parah lagi dia mengucapkan sumpah palsu bahwa ibu penjual tahu bulat bukan ibu kandung.
     Malapetaka muncul. Akibat sumpah palsu itu Septian mengalami kecelakaan hebat yang membuat kakinya lumpuh seumur hidup. Beruntung Sephia gadis cantik berhati malaikat. Sephia tetap mencintai Septian apa adanya.

-   SEKIAN -

     KARAKTERISASI PEMAIN
1. Sephia
Cantik, rambut panjang, bergelombang, putih, langsing, cerewet, energik, dan suka kepo.
2. Septian
Ganteng, Badannya tegap, tinggi, kulitnya putih, mirip Aditya Zoni, ketus ke semua cewek tapi kalau sudah cinta romantis abis
3. Adeena
Cantik, pipi chubby, rambut sebahu, telmi, dan pemalu
4. Taufan
Anak band genre rock, cungkring, rambut funky, tatoan dan tindikan.
5. Andra
Item manis, tajir, baik hati, dan setia kawan
6. Ani
Penyayang, penyabar, tapi suka curigaan terhadap orang.
7. Silvana
cantik, putih tapi berwajah judes, dan ada tahi lalat bawah bibir. (Req : beby shabina)

Posting Komentar

0 Komentar