IKLAN

www.jaringanpenulis.com

SINOPSIS FTV REGULER “ASMARA KURIR TAJIR”



SINOPSIS FTV REGULER
“ASMARA KURIR TAJIR”

Ide Cerita & Skenario
 Raya Mipi
Endik Koeswoyo



Gara-gara sering ngenalin pacar yang nggak jelas ke rumah, Bayu (23 tahun) jadi diomelin Maminya, Dian (45 tahun). Kalau nggak matre, pasti pacar Bayu nggak tahu sopan santun. Pokoknya, Mami nggak mau tahu, Bayu harus pacaran sama Lintang (23 tahun), cucu dari Oma Berta (65 tahun), Ibunya teman Mami. Dulu, Mami sempat buat janji sama Mamanya Lintang akan menjodohkan anak mereka, tapi semua itu belum terlaksana karna Mama Lintang keburu meninggal. Ya sudah deh, Bayu pun nurut dan mencari tahu semua tentang Lintang. Di luar dugaan, Bayu malah jatuh cinta beneran sama Lintang. Soalnya tuh, selain cantik, Lintang juga direktur utama di perusahaan Oma Berta. Nah, Bayu pun nekat nembak Lintang yang baru dikenalnya itu. Lho? Lintang kaget dong, dan tentu saja ia nolak. Nggak berhenti di situ, Bayu sampai melamar kerja di perusahaan Lintang biar bisa pedekate maksudnya. Sayangnya semua posisi sudah penuh, kecuali posisi kurir. Sengaja sih Lintang nawarin posisi kurir biar Bayu nolak. Sebaliknya, Bayu setuju.

Putar otak tuh Lintang, Bayu dikasih kerjaan banyak. Disuruh ngantar ini, itu, pokoknya Bayu harus jauh-jauh darinya. Lintang pun menugaskan Midun (27 tahun), karyawannya bagian gudang untuk mengawasi pekerjaan Bayu dan juga Ocha (20 tahun), karyawan baru, sekaligus partner kerja Bayu sesama kurir. Di hari pertama ngantar barang, mereka malah cek-cok nggak jelas. Bayu yang nyetir nggak tahu sudah sampai mana perjalanan mereka, sedangkan Ocha yang bertugas sebagai penunjuk arah, juga nggak tahu harus kemana. Lho? Kata Ocha sih, ia baru pertama kali ke Jakarta setelah sekian lama, jadi ia nggak hafal jalan. Bayu jadi ngomel, pasti Ocha cewek kampung yang baru datang ke kota, kok bisanya ia kerja bareng cewek kampung, nggak level banget. Ocha nggak terima dan balik marah, ia juga malas kerja bareng cowok kota sok tahu kayak Bayu. Akhirnya mereka balik ke kantor dan disemprot langsung oleh Lintang karna pelanggan pada protes barangnya nggak sampai tujuan. Bukannya minta maaf, Bayu dan Ocha malah saling tuduh menuduh. Pokoknya Lintang nggak mau tahu, sekali lagi mereka kerjanya nggak becus, mereka bakal dipecat.

Besoknya, mereka balik lagi ngantar barang, tapi kali ini Midun ikut juga. Sekalian ngasih tahu alamat pelanggan setia mereka. Jadi lain waktu, mereka nggak akan nyasar lagi. Bagus sih, tapi Ocha nggak suka. Soalnya setelah itu, Midun jadi sok perhatiaan padanya, alias naksir. Ocha jadi risih, Midun jadi rajin membantu mereka ngantar barang, alasannya sih biar bisa mengecek barang sampai tujuan dengan selamat. Tapi yang ada, Midun cuma nyari kesempatan berduaan sama Ocha. Bukan cuma itu, Midun juga kadang sengaja nyuruh Bayu beli minum yang jauh biar ia ditinggal berdua sama Ocha, terus juga minta Bayu buat duduk di belakang, biar ia bisa duduk di sebelah Ocha. Sampai akhirnya Midun nekat nembak Ocha. Katanya, Ocha mirip banget sama calon istrinya yang meninggal menjelang hari pernikahan. Tapi pas lihat di foto, nggak mirip sama sekali, Ocha jauh lebih cantik. Ocha nggak tahan lagi. Bayu yang dimintai bantuan, malah meledek sampai Ocha bikin kesepakatan, Ocha akan bantuin Bayu untuk dapatin hati Lintang, asalkan Bayu mau bantuin Ocha buat menjauh dari Midun.

Bayu dan Ocha pun kompak kerja sama. Mulai dari numpukin banyak barang, sehingga tidak menyisakan tempat kosong untuk Midun, jadinya mereka bisa ngantar barang berdua. Setiap kali Midun berusaha mencari kesempatan berdua sama Ocha, Bayu selalu datang sebagai pengganggu. Terus, pas Ocha mau pulang, Bayu sengaja nawarin tumpangan dengan mobil mewahnya, tepat saat Midun berencana mau ngajak Ocha pulang bareng. Dan berhasil, Midun mulai bete sendiri. Tapi, Ocha jadi penasaran, kok Bayu yang tajir mau sih jadi kurir? Itu semua demi cinta kata Bayu. Mendengar itu, Ocha janji akan bantuin Bayu sampai berhasil dapatin Lintang. Ocha pun mencari tahu kesukaan Lintang dan memberitahu pada Bayu kalau Lintang tuh suka cowok yang humoris. Nah, bagaimana pun caranya Bayu harus bisa membuat Lintang ketawa. Bayu pun datang ke ruangan Lintang dengan memakai wig kribo dengan warna merah menyala, plus mengoleskan lipstik di hidungnya, persis seperti badut. Ia pun memainkan permainan, melempar tiga bola sekaligus, seperti aksi badut kebanyankan. Ocha yang mengintip dari pintu cuma bisa geleng-geleng kepala. Maksud Ocha kan, Bayu harusnya memainkan lelucon dengan kata-kata romantis, bukannya jadi badut. Tiba-tiba Bayu kepeleset dan jatuh. Ketiga bola itu pun mengenai kepalanya satu persatu. Melihat itu, Lintang jadi ketawa. Bayu lucu. Bayu jadi senang, karna untuk pertama kalinya ia bisa membuat Lintang ketawa.

Lintang pun mengatakan kalau Bayu punya aksi badut yang lucu lagi, ia boleh menunjukkan kapan pun ia mau. Kesempatan itulah dimamfaatkan Bayu. Setiap istirihat kerja atau selesai ngantar barang, Bayu sibuk baca buku tentang bagaimana menjadi badut penghibur. Makin hari, Lintang mulai menerima kehadirannya. Sampai suatu hari, Bayu mau menunjukkan aksi barunya pada Lintang, tapi keburu Lintang diajak pergi sama Todi (24 tahun), seorang eksekutif muda, yang dikenalkan Lintang sebagai pacarnya. Bayu pun patah hati. Disaat bersamaan Mami ngomel terus, kapan Bayu mau ngajak Lintang ke rumah? Putar otak deh Bayu, kebetulan Lintang punya adik bernama Rosa yang kuliah di luar negeri. Nah, Bayu pun minta bantuan Ocha buat pura-pura jadi Rosa yang baru pulang dari luar negeri. Ocha pun di make over oleh Bayu, dibawa ke salon, dibeliin baju dan sepatu bagus, jadilah Ocha tampil cantik sampai bikin Bayu pangling melihatnya. Ocha dikenalin ke Mami sebagai Rosa, pacarnya. Mereka makan malam bertiga. Mami sampai nanya-nanya gimana kuliah Rosa di Jepang? Terus, tempat-tempat yang menarik di sana? Duh! Bayu jadi was-was, takut Ocha salah jawab. Sebaliknya, Ocha seakan tahu semuanya dan berhasil menyakinkan Mami. Bukan cuma itu, Mami juga memuji penampilan Ocha. Kata Mami, Rosa mirip banget sama almarhum Mamanya waktu masih muda. Untungnya, Mami nggak masalah Bayu pacaran sama Rosa ataupun Lintang.

Di lain hari, saat pulang dari ngantar barang, mobil yang dikendarai Bayu hampir menabrak sebuah mobil mewah yang tidak lain adalah mobil Todi. Bayu pun disemprot dengan kata-kata kasar. Tapi bukan itu masalahnya, Todi bersama seorang wanita, namanya Sesa (23 tahun). Bayu kenal, Sesa adalah sekretaris Lintang di kantor. Lho, mereka ada hubungan apa? Apalagi pas Sesa baru turun dari mobil, ia keceplosan memanggil Todi dengan panggilan sayang. Langsung tuh, Bayu mengadu pada Lintang kalau Todi selingkuh dengan Sesa. Sebaliknya, Todi berkilah kalau ia cuma nawarin Sesa tumpangan dan Sesa pun mengaku kalau ia bersedia ikut karna takut telat ke kantor. Karna kebetulan, Todi mau bertemu Lintang. Dan soal Sesa memanggilnya dengan panggilan sayang, pasti Bayu salah dengar. Bayu nggak terima dituduh berbohong sampai ia membawa Ocha sebagai saksi karna waktu itu Ocha juga ada di sana. Sialnya, Ocha memilih bungkam. Hal itu justru membuat Lintang berpikir Bayu sengaja ingin merusak hubungannya dengan Todi. Pokoknya Bayu jangan ikut campur lagi urusannya.

Langsung tuh, Bayu marahin Ocha yang nggak memihaknya. Sebaliknya, Ocha malah mengomeli Bayu. Harusnya Bayu jangan gegabah, menuduh tanpa butki. Bayu yakin Todi selingkuh. Pokoknya ia akan cari bukti. Ia tidak terima Lintang dimainin. Tapi tanpa sepengatahuan Bayu, Todi menemui Ocha diam-diam. Todi tahu, Ocha tahu semuanya, karna sebelumnya Ocha juga pernah mergokin Todi selingkuh dengan Sesa di ruangan kerja Lintang, tapi kenapa Ocha diam saja? Kata Ocha sih, itu bukan urusannya. Mendengar itu, Todi langsung menyerahkan sejumlah uang. Dengan catatan, Ocha harus berada di pihak Todi jika terjadi sesuatu, tentu saja Ocha mengiyakan. Bukan cuma itu, Todi juga membuat Ocha terlibat dengan rencana busuknya untuk menghancurkan perusahan Lintang. Sebenarnya, Todi memacari Lintang agar ia bisa dengan mudah mencari kelemahan perusahaan Lintang yang menjadi saingan terbesar perusahaannya.

Hal buruk mulai terjadi. Pelanggan pada protes karna barang yang mereka minta, tidak pernah diantar. Padahal setiap hari Bayu dan Ocha yang mengantarnya. Bayu sendiri merasa ada yang tidak beres. Sampai suatu hari, Bayu berhasil menyusup ke meja Sesa dan menemukan semua bukti persekongkolannya dengan Todi. Ternyata, Sesa yang mensabotase semua pesanan yang masuk. Saat itulah Bayu ingin membeberkan kejahatan Todi, tapi tidak jadi karna ia mengetahui Ocha ikut terlibat. Jika Todi tertangkap, maka Ocha pun ikut ditangkap. Entah kenapa, Bayu takut Ocha kenapa-kenapa. Sialnya Todi keburu mengetahui kalau Bayu sudah tahu semuanya, sehingga ia mengatur sebuah rencana. Todi menyuruh preman-preman menghadang mobil Bayu di jalan dan mencuri semua barang-barang yang akan diantarkan Bayu dan Ocha ke pelanggan, dan juga mereka berhasil merampas flashdisk Bayu yang berisi bukti kejahatannya. Alhasil, Lintang marah besar dan memecat Bayu. Untung saja, keburu Midun memberitahu kalau barangnya berhasil ditemukan dan sudah sampai ke pelanggan. Lho? Todi jadi panik, saat itulah ia memberi Ocha kode untuk menjalankan rencana kedua mereka yaitu memaksukan Bayu ke penjara. Polisi pun datang karna ada yang melapor tentang pencurian. Sesa langsung menuduh Bayu mencuri file penting di ruang kerjanya yang ia gunakan untuk menghancurkan Lintang. Pasti Bayu sakit hati pada Lintang, makanya Bayu jadi jahat.

Kebalik sekarang, Bayu-lah yang dituduh karna kata Sesa ia punya bukti CCTV yang merekam kejahatan Bayu. Nah, Ocha-lah yang diperintahkan untuk memutar video itu. Di luar dugaan, video yang diputar Ocha malah menunjukkan perselingkuhan Todi dan Sesa di belakang Lintang. Dan juga bukti kalau Todi-lah dibalik semuanya. Lho? Shock dong semua orang. Todi nggak terima dan balik menuduh Ocha bersekongkol dengan Bayu untuk membuat Lintang membencinya. Saat itulah Ocha emosi dan menampar Todi. Ocha keceplosan bilang, ia nggak sudi punya calon kakak ipar seperti Todi. Terungkaplah tuh, Ocha sebenarnya adalah nama panggilan dari Rosa, adik Lintang yang sengaja ditugasin Oma untuk membantu Lintang di kantor. Tapi Ocha harus memulai jadi karyawan terendah dulu agar nanti Oma percaya ia bisa memegang kendali atas perusahaan itu. Mendengar itu, Todi dan Sesa nggak bisa membantah dan langsung dibawa ke kantor polisi. Bayu pun minta maaf pada Ocha karna ia salah paham selama ini. Ocha sih nggak masalah karna berkat bantuan Bayu-lah ia berhasil membongkar kejahatan Todi.

Di hari berikutnya, Sesa dibebaskan karna semua bukti hanya memberatkan Todi. Sedangkan Sesa hanya wajib melapor seminggu sekali ke kantor polisi. Sayangnya Sesa tidak sadar juga dan malah ia ingin membalas dendam pada Lintang. Ia melaju mobilnya dengan cepat saat melihat Lintang menyebrang jalan. Untung saja, Bayu cepat datang menyelamatkannya. Sesa pun dijebloskan ke penjara. Sedangkan Bayu dianggap pahlawan oleh Lintang. Bahkan nih, Lintang mulai suka sama Bayu sampai nanya, apakah permintaan Bayu waktu itu buat jadi pacarnya masih berlaku? Bayu malah bingung mau jawab apa. Lintang pun bersedia menunggu jawabannya. Sampai suatu hari, Mami tiba-tiba ngajak Bayu ke rumah Oma Berta. Kebetulan, Oma Berta lagi ulang tahun. Oma sih nggak pernah ngadain pesta, cuma ngerayainnya bareng cucu-cucunya. Nah, Mami mau ngasih surprise. Sialnya, keadaan jadi kacau saat Mami bilang ia senang punya calon menantu seperti Rosa. Sedangkan Oma bilang, ia senang Lintang dekat dengan Bayu. Lho? Bayu pun menjelaskan semuanya kalau dulu ia cuma pura-pura pacaran sama Ocha biar nggak diomelin sama Mami. Tapi sekarang Bayu beneran cinta sama Ocha. Sebaliknya, Ocha mengaku sudah punya pacar. Lho, kok bisa? Saat itulah Midun datang dan diperkenalkan Ocha sebagai pacarnya. Bahkan nih, mereka berencana menikah secepatnya. Sebenarnya sih, Ocha terpaksa berbohong karna sebelumnya Ocha melihat Lintang menyatakan perasaannya pada Bayu. Masa iya, Ocha akan merebut cowok yang dicintai kakaknya.

Tanggal pernikahan Ocha dan Midun pun sudah ditetapkan. Tapi menjelang hari H, Lintang merasa ada yang aneh hingga ia tanpa sengaja mendengar Ocha berbicara pada Oma kalau ia terpaksa menikah dengan Midun agar Lintang bisa bersatu dengan Bayu. Sejak kecil, Lintang sudah menyibukkan dirinya di kantor demi bisa mempertahankan perusahaan peninggalan kedua orangtua mereka agar Ocha bisa hidup layak. Asalkan Lintang bahagia, Ocha juga bahagia. Di sisi lain, Bayu merasa kehilangan Ocha. Sayangnya, Bayu nggak bisa berbuat apa-apa, karna statusnya sebagai calon kakak ipar Ocha. Bayu jadi kepikiran terus sampai nggak konsen kerja. Melihat itu, Lintang jadi sadar kalau Bayu dan Ocha saling mencintai. Hal itu pula yang membuat Lintang tiba-tiba minta putus dari Bayu. Lho? Bayu shock dong! Lintang pun menjelaskan kalau Bayu nggak boleh membohongi perasaannya sendiri. Bayu harus kejar Ocha secepatnya. Soalnya hari ini, Ocha dan Midun menikah.

Midun sudah siap dengan baju pengantin, tapi sialnya Ocha tiba-tiba menghilang dari rombongan pengantin. Lho? Katanya, ada mobil box ngantar barang yang lewat, terus calon pengantinnya tiba-tiba menghilang. Nggak tahunya, Bayu yang sengaja bawa mobil yang biasa mereka pakai buat ngantar barang buat nyulik Ocha. Ocha jadi marah tuh, kan ia jadi gagal menikah. Kata Bayu sih, Ocha harus marah sama Lintang karna itu idenya. Bayu pun menjelaskan kalau Lintang sudah memberi restu mereka pacaran.

- SEKIAN -
KARAKTERISASI PEMAIN :

  1. BAYU (25 tahun)
Ganteng, tajir, tapi slengekan. Bayu menghalalkan segala cara untuk bisa dapatin hati Lintang sampai ia harus menjadi kurir di perusahaan Lintang demi memenuhi permintaan Maminya. Tapi akhirnya Bayu sadar, ia cintanya sama Ocha, adiknya Lintang.

  1. OCHA / ROSA (23 tahun)
Cantik, tajir, adiknya Lintang. Tapi Ocha sengaja menyamar menjadi kurir untuk memulai dari bawah agar nanti Oma bisa percaya padanya untuk mengambil alih perusahaan. Tapi karna itulah, Ocha bertemu dan jatuh cinta dengan Bayu.

  1. LINTANG (25 tahun)
Cantik, pekerja keras dan direktur utama di perusahaan Oma Berta. Lintang pacaran sama Todi, tapi diselingkuhin. Lintang pacaran lagi sama Bayu, tapi Bayu-nya malah cinta sama Ocha. Ya sudah deh, Lintang pun ngalah dan merestui hubungan Bayu dan Ocha.

  1. TODI (27 tahun)
Licik dan suka selingkuh. Todi pacarnya Lintang, sekaligus anak dari perusahaan saingan perusahaan Lintang. Sengaja macarin Lintang demi mencari kelemahan perusahaannya. Todi juga pacaran sama Sesa, sekretaris Lintang dan ketahuan. Ia pun dipecat jadi pacar dan dijebloskan ke penjara.

  1. SESA (25 tahun)
Perebut pacaran orang. Ia menjadi sekretarisnya Lintang, tapi ia juga yang membuat Lintang putus dengan Todi.

  1. MIDUN (27 tahun)
Karyawan di perusahaan Lintang. Naksir Ocha, tapi sayang cintanya bertepuk sebelah tangan.

  1. MAMI DIAN (45 tahun)
Mami Bayu. Pengen Bayu menikah dengan anak almarhum sahabatnya yaitu salah satu dari Lintang atau Ocha.

  1. OMA BERTA (65 tahun)
Omanya Lintang dan Ocha. Tegas dan disiplin.

Posting Komentar

0 Komentar