IKLAN

www.jaringanpenulis.com

SINOPSIS FTV DANGDUT “PENYANYI SYANTIK LAGI PENGEN DIMANJA”



SINOPSIS FTV DANGDUT
“PENYANYI SYANTIK
LAGI PENGEN DIMANJA”

Ide Cerita & Skenario
Syakky
Endik Koeswoyo

RIKA (22 tahun) atau RIKA BADRUL, adalah pengamen perempuan cantik yang sering menyanyikan lagu dangdut kala mengamen. Rika terkenal riang dan senang menghibur teman-temannya yang berprofesi sebagai tukang siomay, tukang bakso keliling, pedagang asongan, abang-abang ojek online, dan pedagang kaki lima lainnya.
Waktu itu, memang lagi apes, Rika dipertemukan dengan seorang eksekutif muda yang sombong bernama KEVIN (23 tahun) di sebuah perempatan saat lampu merah, waktu Rika lagi  mengamen. Kevin meledek kalau suara Rika jelek dan lagunya gak enak didengar. Kevin sontak bilang begitu karena emosi, dia masih shock dan belum bisa menerima, waktu ia tahu ayahnya penggemar lagu-lagu dangdut yang menurutnya kampungan. Rika yang gak terima dikatai suaranya jelek, malah menantang Kevin dan membentak-bentaknya agar keluar dari mobilnya. Kevin yang lagi pusing, gak mau menanggapi dan terus melaju dengan mobilnya. Dalam hatinya, sejenak Kevin mengakui kalau suara Rika tadi, memang bagus dan merdu.
Kalau lagi bete, Rika biasa dihibur oleh WIRDUT (24 tahun), singkatan dari WIRA SI RAJA DANGDUT, lelaki parlente dengan penampilan khas Elvis Presley dan senang menyanyi dangdut di mana pun. Wirdut dengan serba mendadak bakal datang saat Rika sedang duduk santai setelah capek mengamen, atau saat Rika melamun sendirian. Rika kadang bingung, siapa sebenarnya WIRDUT? Bahkan, Wirdut kemudian menawarkan diri untuk membantu Rika mengamen dengan syarat Rika harus selalu menyanyikan lagu dangdut. Rika menyetujui. Rika dan Wirdut pun duet dangdut berdua, dengan perlengkapan orkes seadanya.
Di suatu tempat di pinggir jalan, saat Kevin keluar dari mobilnya, ada brandalan mencopet dompet Kevin. Kevin mengejarnya, tapi tidak kuat. Kevin Cuma bisa meneriaki si copet. Rika yang lagi ngamen sama Wirdut datang. Rika langsung menghajar brandalan yang mencopet dompet Kevin. Bukannya terimakasih pas dompetnya sudah dibalikan, Kevin malah pergi begitu saja dan mengambil dompetnya dari tangan Rika dengan kasar. Rika kesal, apalagi pas tahu kalau orang itu adalah yang membentaknya di jalan kemarin. Rika langsung emosi dan mengajak Kevin berkelahi. Kevin pergi, gak mau menanggapi. 
ROMI (50 tahun), ayah Kevin yang sudah tua, meminta pada Kevin untuk diantar ke sebuah tempat. Konon, dulu di tempat itu Romi memiliki usaha yang ia rintis dari sejak muda dengan seorang kawan lamanya, tapi Romi gak memberitahu Kevin apa usaha yang Romi geluti dulu. Romi sekedar pengen bernostalgia karena di sana juga, pertama kali Romi bertemu dengan Lisa, mendiang ibu Kevin. Dulu, Romi dan seorang kawan dekatnya membuat sebuah orkes dangdut di satu perkampungan. Kevin yang gak suka banget sama musik dangdut, jadi penasaran, kenapa ayahnya selalu minta diantar ke tempat itu. Romi menyimpannya sendiri dan gak mau Kevin tahu karena dia tahu Kevin gak suka dangdut dan takut dia shock dengar cerita itu.
Ketika Rika dan Wirdut sudah akrab dan sering ngamen bareng, Wirdut kena masalah. Debt collector datang ke rumahnya menagih hutang. Motor Wirdut ditarik dan semua aset yang dimilikinya habis. Wirdut makin bingung. Saat itu juga dia ingat, ada teman mendiang ayahnya bernama TOMO (47 tahun) yang punya orkes dangdut dan sedang mencari biduan baru. Wirdut seperti mendapatkan ide cemerlang, dia mau narik Rika ke orkes dangdut Antariksa milik Tomo karena tahu Tomo pasti akan memberinya fee dalam jumlah besar.
      Sejak saat itu, Rika jadi sering ngamen sendiri. Dia bingung, kenapa Wirdut hilang gak ada kabar? Rika tampak kesepian. Dia ngamen di taman dan lihat banyak yang lagi berpasang-pasangan. Lagi berdua-duaan dengan pacarnya, ada yang lagi manja-manjaan, ada yang lagi rangkulan, ada yang lagi senderan di bahu pacarnya. Melihat itu, Rika jadi iri. Dia mendadak merasa kosong. Rika jadi rindu dielus-elus kepalanya, waktu dia lihat ada cowok yang lagi mengelus kepala pacarnya. Rika terduduk sendiri. Kesepian sambil melamun. Di saat bersamaan, Kevin lagi mencari Romi yang hilang begitu saja dari rumah. Di lampu merah, Kevin lihat seorang pengamen tua seumuran ayahnya sedang menghitung uang hasil dia ngamen. Mendadak Kevin jadi tersentuh hatinya waktu lihat wajah si pengamen tua itu lesu sehabis menghitung uang hasil ngamennya. Kevin jadi merasa bersalah sudah membentak-bentak dan mengusir Rika beberapa hari lalu.
Setelah Kevin pusing mencari Romi dan sama sekali gak nemuin Romi, Kevin pergi ke sebuah taman yang sama dengan Rika. Kevin duduk pas di samping Rika, tapi membelakangi Rika. Rika yang menyadari kalau ada cowok yang duduk di belakangnya, lihat bahu nganggur, Rika yang lelah dengan segala beban hidupnya, pengen rasanya bisa bersandar di bahu cowok yang duduk membelakanginya. Rika saat itu juga langsung menyanyi lagu dangdut dengan gitarnya. Diam-diam, seseorang dari belakang sebuah pohon yang tak jauh dari tempat Rika duduk, merekam Rika saat dia lagi nyanyi.
Kevin yang lagi pusing malah tambah kesal waktu dengar ada yang lagi nyanyi lagu dangdut, pas dia nengok, ternyata yang lagi bersenandung adalah Rika. Kevin dan Rika sama-sama kaget. Rika mau pergi, Kevin menahan. Dia minta maaf pada Rika kalau waktu itu sudah membentak-bentaknya. Rika memaafkan, tapi dia langsung pergi. Romi menelepon Kevin, dia bilang ke Kevin kalau dirinya sudah di rumah dan jangan mencarinya. Kevin lega dan langsung berlari mengejar Rika. Tapi Rika sudah menghilang.
Tomo setuju kalau Rika ditarik ke orkesnya, setelah menyaksikan  video Rika lagi menyanyi di taman. Ternyata Wirdut yang merekamnya. Wirdut minta fee besar kalau bisa membawa Rika gabung ke orkes antariksa, Tomo setuju. Tanpa sepengetahuan Wirdut, Tomo menyuruh dua anak buahnya untuk mencari Rika dan bagaimana pun caranya, harus dibawa ke hadapannya. Tomo ternyata lebih tertarik dengan kecantikan Rika dan ingin menjadikannya sebagai istri kedua.
Esoknya, Wirdut datang dan kembali mengamen bareng. Di saat yang sama Kevin datang dan minta maaf ke Rika. Rika langsung pergi saja. Beberapa kali begitu, sampai akhirnya, waktu Rika lagi ngamen dan diculik oleh dua orang suruhan Tomo, Kevin datang menolong Rika. Rika gantian berterimakasih. Mata keduanya bertemu. Keduanya berpisah dan benih-benih cinta tumbuh di antara keduanya. Mereka saling memikirkan satu sama lain.
Sampai kemudian, kedua orang Tomo datang lagi dan menculik Rika. Wirdut Cuma ditonjok sekali, langsung tumbang. Saat Rika dimasukan ke mobil dan berontak, Kevin melihat dan ingin menolong, tapi mobil mereka sudah pergi, Kevin membuntutinya. Dia pun langsung mengikuti mobil yang membawa Rika itu. Rika dibawa ke hadapan Tomo. Tomo mengiming-imingi Rika dengan harta melimpah, asal Rika mau dijadikan istri keduanya. Rika menolak. Di saat bersamaan, secara tak sengaja, Romi yang tengah mengunjungi kampung tempatnya dulu merintis bisnis, menonton acara dangdut yang digelar oleh orkes antariksa. Sang biduan menyanyikan lagu dangdut kesukaan mendiang istri Romi, ibu Kevin. Romi jadi larut dalam nostalgia. Di sana, Romi melihat Tomo. Tomo kabur, ke mobilnya, sambil menarik Rika. Meliat Romi ada di sana, Tomo malah menyuruh dua anak buahnya memukuli Romi.
Saat Romi mau dipukuli, Kevin datang dan menghajar anak buah Tomo dan menyelamatkan Rika. Rika shock ketika tahu, Wirdut-lah dalang dari penculikan dirinya. Rika berterimakasih pada Kevin.
Kevin bilang pada Romi kalau suara Rika bagus dan pintar menyanyikan lagu dangdut. Romi minta dinyanyikan lagu dangdut kesukaan dia dan istrinya dulu. Kevin kini mencoba suka dengan lagu dangdut karena dia ingat, ayah dan mendiang ibunya dipertemukan dalam sebuah konser dangdut. Romi cerita ke Kevin kalau dia dan Tomo dulu pernah memiliki orkes dangdut dan Romi keluar karena punya masalah pRikai dengan Tomo. Soal perempuan. Jadi dulu, ibu Kevin diperebutkan oleh Tomo dan Romi. Romi yang memenangkan hati mendiang ibu Kevin kala itu.
Kevin shock mendengar semua cerita itu. Tapi di sisi lain, dia jadi pede mau menembak Rika dan gak merasa minder lagi dengan latar belakang Rika sebagai pengamen lagu dangdut karena dia sudah tahu, mendiang ibunya pun suka dangdut. Kevin menyatakan perasaan cintanya pada Rika. Rika tadinya ragu. Tapi, karena paksaan Romi, Rika akhirnya mau dan menerima Kevin. Rika pun menyanyikan sebuah lagu dangdut yang bahagia. Romi senang, mendengarkan dengan khidmat, begitupun Kevin.
-   SEKIAN -





KARAKTERISASI PEMAIN

1. RIKA (22)
Cantik, gadis rantau dari daerah sekitar pinggiran jakarta. Suaranya merdu. Suka lagu dangdut sejak kecil. Tomboy, berani, tapi tetap, baperan alias perasa.

2. KEVIN (23)
Eksekutif muda, ganteng, cool, kharismatik. Gak suka lagu dangdut. Sayang banget sama Romi, ayahnya.

3. WIRDUT (24)
Teman mengamen Rika, licik, kadang slengean. Opportunis. Diam tapi membahayakan. Suka pada Rika awalnya, tapi setelah sadar Rika bisa jadi objek bisnisnya, dia berubah haluan dan memilih menjual Rika pada Tomo. Dandanan khas Elvis Presley. Cinta banget lagu lagu dangdut.

4. ROMI (50)
Ayah Kevin. Suka lagu-lagu dangdut, tapi tidak mau Kevin tahu. Punya kenangan tersendiri dengan satu lagu dangdut (bisa disesuaikan lagunya) karena lagu itu, yang mempertemukan Romi dengan mendiang istrinya.

5. TOMO (47)     
Owner orkes dangdut antariksa. Mottonya, mengangkasa bersama antariksa! Licik, culas, oportunis. Kawan lama Romi yang belum bisa terima kalau Romi berhasil merebut hati mendiang ibu Kevin, perempuan pujaannya.

Posting Komentar

0 Komentar